SUBHANALLAH.. Inilah Isi Surat Nabi Muhammad SAW Kepada Raja-Raja Besar di Dunia

kim kimik
  • No suggestions could be made.
Pada masa awal setelah diangkat sebagai utusan Allah (Rasulullah) Nabi Muhammad Saw membangun komunikasi dengan para pemimpin suku dan pemimpin negara lain. Beliau mengirim utusan yang membawa surat ajakan masuk Islam.

Dalam rangka menyebarkan agama islam, Rasulullah mengutus sahabatnya untuk mengirimkan surat ajakan memeluk agama islam kepada raja-raja dan penguasa non muslim, baik yang di arab maupun di luar arab.

Korespondensi melalui surat itu tujukan kepada para penguasa dunia, diantaranya:
1. Raja Najasyi Ethiopia (surat dibawa oleh Amr bin Umayyah)
2. Raja Heraklius Hercules Kaisar Romawi (surat dibawa oleh Dihyah bin Khalifah al-Kalbi)
3. Uskup Dhughathir (surat dibawa oleh Dihyah bin Khalifah al-Kalbi)
4. Gubernur Bahrain Munzir Bin Sawa (al-’Ala’ bin al-Hadhrami)
5. Raja Al-Muqawqis Mesir (surat dibawa oleh Hatib bin Abi Balta'ah)
6. Raja Khosrau II Persia (surat dibawa oleh Abdullah bin Hudzafah)

Sementara itu, surat kepada penguasa Oman dibawa oleh Amr bin Ash, surat kepada penguasa Yaman oleh Salit bin Amr, dan surat kepada Raja Bahrain oleh Al-'Ala bin Al-Hadzrami. Sedangkan surat kepada Harith Al-Ghassani, Raja Syam, dibawa oleh Syuja' bin Wahab. Dan surat kepada Harits Al-Himyari, Raja Yaman, dibawa oleh Muhajir bin Umayyah.

Masing-masing mereka kemudian berangkat menuju tempat yang telah ditugaskan oleh Nabi. Beberapa raja ada yang masuk islam dan beberapa yang lain memilih tahta serta kekuasaannya dan takut dibunuh daripada harus memeluk agama islam.

Sejarah mencatat, waktu itu Heraclius (Raja Romawi) dan Kisra (Raja Persia) merupakan dua kerajaan yang terkuat pada zamannya, dan merupakan dua orang yang telah menentukan jalannya politik dunia serta nasib seluruh penduduknya. Perang antara dua kerajaan ini berkecamuk dengan kemenangan yang selalu silih berganti.

Penyebaran agama islam melalui surat Rasulullah kepada raja-raja dan penguasa saat itu masih bisa kita lihat sampai sekarang karena tersimpan rapih. Kita bisa melihat Rasulullah dengan kepandaiannya berdiplomasi dan beliau sangat menghargai raja-raja tersebut dengan melihat isi surat beliau.


---------------------------------
6. Kisah yang tidak ada dalam video ini adalah Ketika Rasulullah S.A.W mengirim surat kepada Raja Khosrau II (Raja Negeri Persia) dan menyerunya kepada Islam. Namun ketika surat itu dibacakan oleh Raja itu, dia pun merobeknya sambil berkata, ”Hamba rendahan dari rakyatku menuliskan namanya mendahuluiku."

Ketika berita tersebut sampai kepada Rasulullah S.A.W, baginda pun mengatakan, ”Semoga Allah merobek-robek kerajaannya.”

Doa tersebut dikabulkan. Persia akhirnya kalah dalam perang menghadapi Romawi dengan kekalahan yang menyakitkan. Kemudian dia pun digulingkan oleh anaknya sendiri yakni Syirawaih. Dia dibunuh dan dirampas kekuasaannya.

Seterusnya kerajaan itu kian terobek-robek dan hancur sampai akhirnya ditakluki oleh pasukan Islam pada zaman Khalifah Umar bin Al-Khaththab R.A hingga tidak dapat lagi berdiri.
---------------------------------


CATATAN: GAMBAR HANYALAH ILUSTRASI
SOURCE VIDEO : YtCrash Islam
Login or Register to post comments.

 

  • Zaenal Si Ipin  24 days ago

    plagiaters